Senin, 12 Oktober 2009

Membran Plasma

MATA KULIAH : BIOLOGI SELULER DAN MOLEKULER
A. Pengertian Membran Plasma
Membran plasma adalah suatu membran yang besifat semi permeabel, terletak antara sel dan lingkungan sekitarnya yang memungkinkan zat tertentu masuk dan keluar kedalam sel. Membran plasma merupakan batas kehidupan, batas yang memisahkan sel hidup dari sekelilingnya yang mati. Lapisan tipis yang luar biasa ini tebalnya kira-kira hanya 8 nm, membran plasma mengontrol lalulintas ke dalam dan ke luar sel yang dikelilinginya. Membran plasma merupakan selaput tipis bagian luar sitoplasma yang tersusun dari molekul protein dan molekul lemak. Pada umumnya protein terletak di sebelah luar dan lemak di sebelah dalam sehingga bersifat selektif permiabel. Sifat selektif permiabel hanya dapat dilalui oleh air dan zat-zat terlarut tertentu.

B. Bentuk, Struktur dan Komposisi Membran Plasma
Bentuk atau model unit membran digambarkan sebagai membran lemak lapis ganda (bilayer fosfolipid), di mana asam lemak yang hidrofobik berorientasi ke dalam membran, sedang yang berorientasi ke kedua permukaan membran bersifat hidrofilik (tersusun atas fosfolipida) dan pada kedua permukaan tersebut diselaputi oleh lapisan protein.



Pada tahun 1890 Charles E.Overton mempelopori sejarah penemuan biomembran. Dia menyatakan bahwa sel terbungkus oleh beberapa lapisan permeabel yang selektif, kemungkinan tersusun dari kholesterol dan lechitin. Kemudian Irving Langmuir pada tahun 1900 mengemukakan hasil penelitiannya tentang struktur membran lipid monolayer. Struktur inilah yang menjadi dasar struktur membranpada abad ke-20. Pada tahun 1925 E. Gorter dan F. Grendel menemukan bahwa rata-rata jumlah lapisan tunggal (monolayer) pada masing-masing membran ada dua, sehingga timbul konsep lipid bilayer (Becker, 1986). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar